Britannia Petite (Polish) Tan Lyon 1-001 Mini Rex Dutch himalayan

Posted on 07.19

Nutrisi pada Kelinci

Filed Under () By BRabbitty di 07.19

Kelinci adalah pemakan tumbuhan, mereka membutuhkan makanan sehat yang kaya akan vitamin dan juga serat tinggi. Dalam keseharian untuk mendapatkan kekebalan tuhun dan mengurangi penyakit, makanan kelinci perlu juga mengandung 15-16 persen crude.

Makanan yang sehat mengandung banyak rerumputan seperti timothy,brome, gandum,atau benih gandum.alfafa tidak disarankan untuk kelinci berumur diatas 8 bulan karena terlalu banyak kandungan kalsium dan protein.

Dapat juga diberikan sebagai tambahan untuk kelinci diatas 8 tahun adalah pabrik dengan takaran untuk kelinci ukuran 5pounds dan diberikan 2 kali dalam sehari.hindarkan pellet yang mengandung kacang2an serta padi. Untuk kelinci yang lebih kecil atau dibawah 8 bulan,bisa diberikan alfafa pellet terus menerus- dengan membatasi pemberian pellet maka tubuh kelinci akan mengalami penurunan kekebalan tubuh.

Yang dapat ditambahkan juga untuk sehari hari adalah sayuran segar berdaun hijau. Dengan pemberian yang seminimal mungkin dapat diberikan setiap harinya. Contoh untuk sayuran bernutrisi adalah alfalfa sprouts,basil/daun kemangi,parsley/seledri,beet greens,daun brokoli, Brussels sprouts/cabbage,wortel,kepala wortel,cilantro,collard greens,endive, green peppers, romaine lettuce, kale, raspberry leaves, wheat grass, pea pods (peas excluded), squash, raddichio, and dandelion leaves.

Alfalfa Sprouts


Barren Brome

Seperti binatang kebanyakan, sangat lah penting untuk perkenalan makanan baru agar perutnya tidak “kaget” dan menyebabkan sakit perut. Untuk pemberian buah, maksimal hanya sebesar 2 kali sendok makan dan selalu batasi pemberian buah tinggi serat seperti apel, pir, plum, melon, raspberry, papaya, blueberi, blackberi, stawberi,dan nanas. Hindarkan memberikan pisang dan anggur,karena mengandung kadar gula tinggi.

**Secara umum, pemberian, buah,sayuran segar,gandum dan juga roti diberikan dengan sangat sedikit untuk menghindari sakit perut yang berakibat diare. Selalu disediakan air minum yang bersih setiap harinya atau bila gunakan wadah lebih baik memakai jenis porslen yg berat.

Source : www.duniasatwa.com

0 komentar